MATA KULIAH
PERENCANAAN PENGAJARAN AKUNTANSI
“RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN (RPP)”
D
I
S
U
S
U
N
OLEH:
NAMA: IRVANSYAH
NIM: F01110025
NO.HP : 085753323652
PRODI: PENDIDIKAN EKONOMI
UNIVERSITAS TANJUNG PURA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
2010
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.
Identitas
Mata Pelajaran
Sekolah : SMK Negeri 3 Pontianak
Program/Prog. Keahlian : Akuntansi
Kelas/Semester : XII/2
Mata Pelajaran : AkuntansiKeuangan
Jumlah Pertemuan : (1x pertemuan)
II.
StandarKompetensi : Menyelesaikan Siklus Akuntansi
PerusahaanDagang Dengan
sistem Penjual
Konsinyasi
III.
KompetensiDasar : Menyusun Neraca lajur
IV.
Indikator Pencapaian : - Neraca
lajur tersajikan
- Jumlah rupiah debit dan kredit menunjukan jumlah
angka yang sama
V.
TujuanPembelajaran
1.
Setelah mendengarkan penjelasan guru dan pengamatan
data-data, maka siswa dapat menyusun neraca lajur.
2.
Setelah melalui Tanya-jawab, maka siswa dapat menyelesaikan neraca lajur dengan
data-data yang tersedia.
VI.
Materi
Pembelajaran
·
Membuatneracalajur
VII. AlokasiWaktu : 2 x 45menit
VIII. MetodePembelajaran
a. Metodeceramah
b. Metode tanya jawab
IX. Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan Belajar-Mengajar
|
Waktu
|
Nilai Karakter
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
-
Guru membuka pelajaran dengan pemberian salam.
-
Menyiapkan siswa untuk mengikuti proses belajar-mengajar.
-
Berdoa.
-
Guru mengecek kehadiran atau mengadakan absen siswa.
-
Apersepsi.
-
Guru menyebutkan tujuan pembelajaran, mengemukkan cakupan
materi dan memotivasi siswa.
|
15 menit
|
·
Teliti
·
Terampil
·
Profesional
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru menggali pengetahuan dasar siswa tentang materi pelajaran
dengan memberikan beberapa pertanyaan umum mengenai neraca lajur menurut pemahaman
atau pengetahuan siswa.
Elaborasi
-
Guru menjelaskan materi tentang neraca lajur kepada siswa.
-
Siswa mengamati data-data yang tersedia dibuku serta mendengarkan
dan menyimak pemaparan guru mengenai materi tentang neraca lajur.
-
Guru membantu siswa dalam menyelesaikan masalah atau tugas
yang berkaitan dengan materi yang disampaikan.
Konfirmasi
-
Guru mengadakan kegiatan Tanya jawab antar siswa dengan
siswa atau siswa dengan guru untuk mengetahui pengetahuan siswa mengenai materi
neraca lajur setelah materi disampaikan.
|
65 Menit
|
|
3.
|
KegiatanPenutup
-
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pembelajaran.
-
Guru memberikan evaluasi tentang materi pembelajaran
yang telah disampaikan.
-
Guru memberikan umpanbalikterhadap proses
danhasilpembelajaran
-
Guru memberikantugasrumahsertamotivasidan saran
bagisiswauntukmengulangkembalipelajaran yang
telahdidapatkanpadasaatitubaikdaribukupelajaran yang adaataupuncatatansiswa
-
Guru
menyampaikanrencanapembelajaranpadapertemuanberikutnya
-
Pemberiaansalam
|
10 Menit
|
|
X. Penilaian Hasil
Belajar
a. Teknikpenilaian
Testertulis.
TesLisan
b. Bentuktes:
Uraian
(Essay)
c.
Soal-soal (Terlampir)
d.
KunciJawabandanSkorNilai (Terlampir)
XI.
Sumberdan Media Pembelajaran
a) SumberPembelajaran
-
Modul
-
Buku
-
SOP DU/DI
b) Media Pembelajaran
-
PapanTulisdanspidol
-
Alatperaga
Pontianak,
2 November 2011
|
|
LAMPIRAN
MateriPembelajaran
1. Arti
KertasKerjamerupakankertas yang berkolomkolom /
berlajurlajur yang disusunsedemikianrupauntukmenghimpunsemua data
keuangandengantujuanmembantu proses penyusunanlaporankeuangan
2. Fungsi
a. Membantumempermudah
proses penyusunanlaporankeuangan
b. Mengklasifikasikanakun
yang sejenis
c. Mempermudahkoreksijikaterjadikesalahan
3. Bentuk
a. 6
kolom
b. 8
kolom
c. 10
kolom
d. 12 kolom
4. Contoh
Format
a. 6
kolom
NO
|
AKUN
|
N..SALDO
|
L / R
|
NERCA
|
|||
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
||
-
b. 8 kolom
NO
|
AKUN
|
N. SALDO
|
A. PENYES
|
L / R
|
NERCA
|
||||
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
||
-
c. 10
kolom
NO
|
AKUN
|
N. SALDO
|
A. PENYES
|
N.S.S.DISES
|
L / R
|
NERCA
|
|||||
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
||
-
d. 12 kolom
NO
|
AKUN
|
N. SALDO
|
A. PENYES
|
N.S.S.DISES
|
L / R
|
LAP. P.M
|
NERCA
|
||||||
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
||
5. ProsedurPenyusunan
Contoh 10 kolom
-
a. Isi kolomNeracasaldo yang
diambildarisaldo – saldoakunbukubesar
-
( HartabersaldoDebet, UtangbersaldoKredit, Modal bersaldoKredit,
PendapatanbersaldoKreditdanBebanbersaldoDebet )
-
b. Isi kolomAyatpenyesuaian , yang
diambildarijurnalpenyesuaian
-
c. Isi
kolomNeracasaldosetelahdisesuaikan, yang
diambildarikolomneracasaldodenganmembandingkankolomayatpenyesuaian
-
d. Isi kolomLaba / rugi, yang diambildarikolomNeracasaldosetelahdisesuaikan (
khususakun nominal, yaituakunpendapatandanbeban )
-
e. Isi kolomNeraca , yang
diambildarikolomNeracasaldosetelahdisesuaikan (
khususakunriil, yaituakunharta, utangdan modal ).
Soal-Soal
1.
Apa Arti
Kertas Kerja ?jelaskan!
2.
Apa Fungsi
Kertas Kerja? Sebutkan 3 (Tiga).
3.
Sebutkan dan
Jelaskan 4 (Empat) bentuk dan contoh format kertas kerja ?
4.
Sebutkan
prosedur penyusunan kertas kerja contoh 10 kolom?
Kunci Jawaban
1.
KertasKerjamerupakankertas yang berkolomkolom / berlajurlajur yang
disusunsedemikianrupauntukmenghimpunsemua data keuangandengantujuanmembantu
proses penyusunanlaporankeuangan.
2.
a. Membantumempermudah proses
penyusunanlaporankeuangan
b. Mengklasifikasikanakun
yang sejenis
c. Mempermudahkoreksijikaterjadikesalahan
3.
a. 4 (Empat) Bentuk
·
6 kolom
·
8 kolom
·
10 kolom
·
12 kolom
b. Contoh
Format
a. 6
kolom
NO
|
AKUN
|
N..SALDO
|
L / R
|
NERCA
|
|||
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
||
-
b. 8 kolom
NO
|
AKUN
|
N. SALDO
|
A. PENYES
|
L / R
|
NERCA
|
||||
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
||
-
c. 10
kolom
NO
|
AKUN
|
N. SALDO
|
A. PENYES
|
N.S.S.DISES
|
L / R
|
NERCA
|
|||||
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
||
-
d. 12 kolom
NO
|
AKUN
|
N. SALDO
|
A. PENYES
|
N.S.S.DISES
|
L / R
|
LAP. P.M
|
NERCA
|
||||||
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
D
|
K
|
||
ProsedurPenyusunan
Contoh 10 kolom
a. Isi
kolomNeracasaldo yang diambildarisaldo – saldoakunbukubesar
(
HartabersaldoDebet, UtangbersaldoKredit, Modal bersaldoKredit,
PendapatanbersaldoKreditdanBebanbersaldoDebet )
b. Isi
kolomAyatpenyesuaian , yang diambildarijurnalpenyesuaian
c. Isi
kolomNeracasaldosetelahdisesuaikan, yang
diambildarikolomneracasaldodenganmembandingkankolomayatpenyesuaian
d. Isi
kolomLaba / rugi, yang
diambildarikolomNeracasaldosetelahdisesuaikan (
khususakun nominal, yaituakunpendapatandanbeban )
e. Isi
kolomNeraca , yang
diambildarikolomNeracasaldosetelahdisesuaikan (
khususakunriil, yaituakunharta, utangdan modal ).
-
SkorNilai
1.
Benar menjawab
soal no.1 =25
2.
Benar
menjawab soal no.2 =25
3.
Benar
menjawab soal no.3 =25
Skor nilai maximum =100
Tidak ada komentar:
Posting Komentar