Minggu, 24 Juni 2012


MATA KULIAH PERENCANAAN PENGAJARAN AKUNTANSI
“RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN (RPP)”

D
I
S
U
S
U
N
OLEH:
NAMA: IRVANSYAH
NIM: F01110025
NO.HP : 085753323652
PRODI: PENDIDIKAN EKONOMI



UNIVERSITAS TANJUNG PURA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI 2010
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

I.              Identitas Mata Pelajaran
Sekolah                            :           SMK Negeri 3 Pontianak
Program/Prog. Keahlian   :           Akuntansi
Kelas/Semester                 :           XII/2
Mata Pelajaran                 :           AkuntansiKeuangan
Jumlah Pertemuan            :           (1x pertemuan)
II.              StandarKompetensi       :           Menyelesaikan Siklus Akuntansi
PerusahaanDagang Dengan sistem Penjual
Konsinyasi
III.              KompetensiDasar           :           Menyusun Neraca lajur
IV.              Indikator  Pencapaian   :           - Neraca lajur tersajikan
-     Jumlah rupiah debit dan kredit menunjukan jumlah angka yang sama
V.              TujuanPembelajaran
1.      Setelah mendengarkan penjelasan guru dan pengamatan data-data, maka siswa dapat menyusun neraca lajur.
2.      Setelah melalui Tanya-jawab, maka siswa dapat menyelesaikan neraca lajur dengan data-data yang tersedia.
VI.             Materi Pembelajaran
·         Membuatneracalajur
VII.     AlokasiWaktu                 : 2 x 45menit

VIII.       MetodePembelajaran
a.    Metodeceramah
b.    Metode tanya jawab
IX.   Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan Belajar-Mengajar
Waktu
Nilai Karakter
1.




Kegiatan Pendahuluan
-    Guru membuka pelajaran dengan pemberian salam.
-    Menyiapkan siswa untuk mengikuti proses belajar-mengajar.
-    Berdoa.
-    Guru mengecek kehadiran atau mengadakan absen siswa.
-    Apersepsi.
-    Guru menyebutkan tujuan pembelajaran, mengemukkan cakupan materi dan memotivasi siswa.
15 menit
·   Teliti
·   Terampil
·   Profesional
2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-   Guru menggali pengetahuan dasar siswa tentang materi pelajaran dengan memberikan beberapa pertanyaan umum mengenai neraca lajur menurut pemahaman atau pengetahuan siswa.
Elaborasi
-   Guru menjelaskan materi tentang neraca lajur kepada siswa.
-   Siswa mengamati data-data yang tersedia dibuku serta mendengarkan dan menyimak pemaparan guru mengenai materi tentang neraca lajur.
-   Guru membantu siswa dalam menyelesaikan masalah atau tugas yang berkaitan dengan materi yang disampaikan.
Konfirmasi
-    Guru mengadakan kegiatan Tanya jawab antar siswa dengan siswa atau siswa dengan guru untuk mengetahui pengetahuan siswa mengenai materi neraca lajur setelah materi disampaikan.
65 Menit

3.
KegiatanPenutup
-    Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pembelajaran.
-    Guru memberikan evaluasi tentang materi pembelajaran yang telah disampaikan.
-    Guru memberikan umpanbalikterhadap proses danhasilpembelajaran
-    Guru memberikantugasrumahsertamotivasidan saran bagisiswauntukmengulangkembalipelajaran yang telahdidapatkanpadasaatitubaikdaribukupelajaran yang adaataupuncatatansiswa
-    Guru menyampaikanrencanapembelajaranpadapertemuanberikutnya
-    Pemberiaansalam
10 Menit


X.      Penilaian Hasil Belajar
a.    Teknikpenilaian
Testertulis.
TesLisan
b.   Bentuktes:
Uraian (Essay)
c.    Soal-soal (Terlampir)
d.   KunciJawabandanSkorNilai (Terlampir)
XI.   Sumberdan Media Pembelajaran
a)   SumberPembelajaran
-          Modul
-          Buku
-          SOP DU/DI
b)   Media Pembelajaran
-            PapanTulisdanspidol
-            Alatperaga

                                                            Pontianak, 2 November 2011





Mengetahui,
Guru Pamong,


(Drs. Ali Badrun)
NIP. 19560424 197803 1 011


 


Praktikan,


(Irvansyah)
NIM. F01110025
 
 





LAMPIRAN
MateriPembelajaran
1.      Arti
KertasKerjamerupakankertas yang berkolomkolom / berlajurlajur yang disusunsedemikianrupauntukmenghimpunsemua data keuangandengantujuanmembantu proses penyusunanlaporankeuangan
2.      Fungsi
a.       Membantumempermudah proses penyusunanlaporankeuangan
b.      Mengklasifikasikanakun yang sejenis
c.       Mempermudahkoreksijikaterjadikesalahan
3.      Bentuk
a.       6 kolom
b.      8 kolom
c.       10 kolom
d.      12 kolom
4.      Contoh Format
a.       6 kolom
NO
AKUN
N..SALDO
L / R
NERCA
D
K
D
K
D
K
























-           
b.      8 kolom
NO
AKUN
N. SALDO
A.  PENYES
L / R
NERCA
D
K
D
K
D
K
D
K






























-           
c.       10 kolom
NO
AKUN
N. SALDO
A.  PENYES
N.S.S.DISES
L / R
NERCA
D
K
D
K
D
K
D
K
D
K




































-           
d.      12 kolom
NO
AKUN
N. SALDO
A.  PENYES
N.S.S.DISES
L / R
LAP. P.M
NERCA
D
K
D
K
D
K
D
K
D
K
D
K















































5.      ProsedurPenyusunan
Contoh 10 kolom
-          a.       Isi kolomNeracasaldo yang diambildarisaldo – saldoakunbukubesar
-          ( HartabersaldoDebet, UtangbersaldoKredit, Modal bersaldoKredit, PendapatanbersaldoKreditdanBebanbersaldoDebet )
-          b.      Isi kolomAyatpenyesuaian , yang diambildarijurnalpenyesuaian
-          c.       Isi kolomNeracasaldosetelahdisesuaikan, yang diambildarikolomneracasaldodenganmembandingkankolomayatpenyesuaian
-          d.      Isi kolomLaba / rugi, yang diambildarikolomNeracasaldosetelahdisesuaikan         ( khususakun nominal, yaituakunpendapatandanbeban )
-          e.       Isi kolomNeraca , yang diambildarikolomNeracasaldosetelahdisesuaikan                ( khususakunriil, yaituakunharta, utangdan modal ).

Soal-Soal
1.      Apa Arti Kertas Kerja ?jelaskan!
2.      Apa Fungsi Kertas Kerja? Sebutkan 3 (Tiga).
3.      Sebutkan dan Jelaskan 4 (Empat) bentuk dan contoh format kertas kerja ?
4.      Sebutkan prosedur penyusunan kertas kerja contoh 10 kolom?
Kunci Jawaban
1.                            KertasKerjamerupakankertas yang berkolomkolom / berlajurlajur yang disusunsedemikianrupauntukmenghimpunsemua data keuangandengantujuanmembantu proses penyusunanlaporankeuangan.
2.                            a.       Membantumempermudah proses penyusunanlaporankeuangan
b.      Mengklasifikasikanakun yang sejenis
c.       Mempermudahkoreksijikaterjadikesalahan
3.                            a. 4 (Empat) Bentuk
·         6 kolom
·         8 kolom
·         10 kolom
·         12 kolom
b.   Contoh Format
a.       6 kolom
NO
AKUN
N..SALDO
L / R
NERCA
D
K
D
K
D
K
























-           
b.      8 kolom
NO
AKUN
N. SALDO
A.  PENYES
L / R
NERCA
D
K
D
K
D
K
D
K






























-           
c.       10 kolom
NO
AKUN
N. SALDO
A.  PENYES
N.S.S.DISES
L / R
NERCA
D
K
D
K
D
K
D
K
D
K




































-           
d.      12 kolom
NO
AKUN
N. SALDO
A.  PENYES
N.S.S.DISES
L / R
LAP. P.M
NERCA
D
K
D
K
D
K
D
K
D
K
D
K











































ProsedurPenyusunan
Contoh 10 kolom
a.       Isi kolomNeracasaldo yang diambildarisaldo – saldoakunbukubesar
( HartabersaldoDebet, UtangbersaldoKredit, Modal bersaldoKredit, PendapatanbersaldoKreditdanBebanbersaldoDebet )
b.       Isi kolomAyatpenyesuaian , yang diambildarijurnalpenyesuaian
c.       Isi kolomNeracasaldosetelahdisesuaikan, yang diambildarikolomneracasaldodenganmembandingkankolomayatpenyesuaian
d.      Isi kolomLaba / rugi, yang diambildarikolomNeracasaldosetelahdisesuaikan         ( khususakun nominal, yaituakunpendapatandanbeban )
e.       Isi kolomNeraca , yang diambildarikolomNeracasaldosetelahdisesuaikan                ( khususakunriil, yaituakunharta, utangdan modal ).


-            SkorNilai
1.         Benar menjawab soal no.1   =25
2.         Benar menjawab soal no.2    =25
3.         Benar menjawab soal no.3    =25
4.         Benar menjawab soal no.4    =25
Skor nilai maximum              =100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar