RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. Identitas Sekolah
Nama Sekolah :
SMA N 3 Singkawang
Kelas/Semester :
X/II
Program studi :
IPS
Mata Diklat/Pelajaran :
Ekonomi
Jumlah Pertemuan :
1 x Pertemuan
II. Standar Kompetensi :
Memahami uang dan perbankan
III.Kompetensi
Dasar :
1.
Menjelaskan konsep
permintaan dan penawaran uang
2.
Peran bank umum dan
bank sentral
3.
Mendeskripsikan
kebijakan pemerintah di bidang moneter
IV. Indikator
Pencapaian Kompetensi:
1.
Mendeskripsikan pengertian,fungsi
dan jenis uang serta factor permintaan dan penawaran uang
2.
Membedakan tugas atau
peran dari bank umum dan bank sentral
3.
Mendeskripsikan tujuan
dan bentuk dari kebijakan moneter pemerintah
V. Tujuan Pembelajaran:
·
Kognitif
1. Setelah mendengarkan penjelasan guru, peserta
didik dapat menjelaskan paham akan fungsi dan jenis uang serta syarat-syarat
uang.
2. Setelah mendengarkan penjelasan guru, peserta
didik dapat membedakan serta dapat menngklasifikasikan jenis bank yang termasuk
ke dalam bank sentral dan bank umum.
3. Setelah
mendengarkan penjelasan guru, peserta didik dapat menjelaskan solusi kebijakan
mana yang perlu di ambil oleh pemerintah atas suatu permasalahan yang sedang di
hadapi.
·
Afektif
Peserta didik dapat mengikuti pelajaran
tentang uang dan perbankan dengan tertib, teliti, dan bertanggung jawab.
·
Psikomotorik
Peserta didik dapat terampil
dalam pembelajaran tentang uang dan
bank, dapat membedakan nya serta mengaplikasikan nya di kehidupan nyata.
VI. Materi Ajar
1.
Penjelasan tentang pengertian dan syarat uang
(terlampir)
2.
Skema tentang fungsi uang (terlampir)
3.
Factor permintaan dan penawaran uang (terlampir)
4.
Pengertian bank dan tugas bank (terlampir)
5.
System perbankan (terlampir)
6.
Tujuan serta bentuk kebijakan moneter pemerintah
(terlampir)
VII. Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
VII. Metode Pembelajaran :
1.
Pembelajaran
Langsung
2.
Tanya Jawab
IX. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan Belajar Mengajar
|
Waktu
|
Nilai
|
|
I
|
Pendahuluan
|
15
|
|
|
|
-
Guru Memberi salam,
-
Berdoa
-
Memeriksa kehadiran
-
Menyiapkan
peserta didik untuk
mengikuti proses pembelajaran.
-
Apersepsi:
Guru menggali kembali
pengetahuan peserta didik tentang mater pertemuan sebelumnya misalnya dengan meminta
siswa menyebutkan apa sajua materi yang telah di ajarkan pada pertemuan sebelum
nya
-
Menyebutkan tujuan pembelajaran
-
Mengemukakan
cakupan materi pelajaran
-
Memotivasi
siswa
Menjelaskan pentingnya materi untuk diketahui peserta didik sebagai
bekal pengetahuannya di masyarakat
|
|
-Pedulilingkungan
-Komunikatif
-Rasa inginTahu
|
|
II
|
Kegiatan Inti
|
60
|
|
|
|
1. Eksplorasi
·
Guru menjelaskan tentang materi uang dan bank,
yaitu pengertian,syarat,fungsi dan jenis uang
·
Guru menjelaskan tentang permintaan dan
penawaran uang,serta factor-faktor yang mempengaruhi
·
Guru menjelaskan tentang bank dan kebijakan
moneter pemerintah
|
|
-Rasa ingin
Tahu
|
|
|
2. Elaborasi
·
Peserta didik mendengarkan penjelasan guru
tentang materi uang dan bank, yaitu pengertian,syarat,fungsi dan jenis uang .
tentang permintaan dan penawaran uang,serta factor-faktor yang mempengaruhi,
serta penjelasan tentang bank dan kebijakan moneter pemerintah
·
Peserta didik diberikan kesempatan oleh guru
untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah tanpa rasa takut salah.
·
Siswa merespon penjelasan guru dengan
mengkomunikasikan dengan lisan dan tulisan
·
Guru memonitor dan menjadi fasilitator
pelaksanaan pembelajaran
·
Guru membantu siswa menyelasaikan masalah,
memberi acuan, memberi informasi untuk bereksporasi lebih jauh, dan
memberikan motovasi kepada peserta didik yang kurang atau belum
berpartisipasi aktif.
·
Guru menjelaskan materi yang kurang jelas.
|
|
-Komunikatif
-Rasa ingin tahu
-Pedulilingkungan
|
|
|
3. Konfirmasi
·
Guru melakukan Tanya jawab dan memberikan
umpan balik kepada siswa.
·
Guru memberikan penguatan dengan lisan
misalnya peserta didik hari ini sangat memperhatikan pelajaran dan aktif
dalam bertanya dan menjawab pertanyaan.
·
Guru meminta peserta didik merefleksikan
pengalaman belajar yang baru mereka lakukan.
|
|
||
III
|
Kegiatan Akhir (Penutup)
|
15
|
|
|
|
·
Peserta didik dibantu oleh guru menyimpulkan
materi pembelajaran.
·
Guru mengevaluasi
Guru menanyakan kembali kepada
peserta didik secara acak tentang materi yang telah disampaikan.
·
Guru memberikan umpan balik terhadap proses
dan hasil pembelajaran.
·
Guru memberikan tugas mengerjakan soal-soal
latihan dan membaca materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya dalam
buku paket sebagai tugas mandiri.
·
Guru menyampaikan rencana materi pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
·
Memberi salam
|
|
|
|
|
X. Penilaian
1.
Teknik penilaian :
Tes
tertulis.
2.
Bentuk tes:
Tes
uraian/essay
(terlampir)
3.
Butir-butir tes (terlampir)
4.
Kunci
Jawaban dan Pedoman Penskoran (terlampir)
XI. Sumber Belajar
1.
Buku Ekonomi
untuk SMA dan MA Kelas X, Pengarang Rusdati,tahun 2008.
2.
LKS Ekonomi
Pista,kelas X, Pengarang;setiyadi Ds, Penerbit; CV setia aji, Tahun 2010:
bandung.
3.
Artikel
tentanguang dan bank, www.google.com
XII. Media pembelajaran
1.
Papan tulis (white board)
2.
Spidol
3.
Penghapus
4.
LCD
5.
Laptop
Pontianak, 09
April 2012
Kepala sekolah,
Gogon suhendra,spd
NIP 160993061292131006
|
Guru mata diklat,
Dea Fatika Sari
NIP 061292160993131006
|
Lampiran
1
Materi ajar
Uang
a. Pengertian dan syarat uang
Uang
adalah suatu benda yang di terima secara umum sebagai alat tukar.
Syarat-syarat
uang:
§ Di senangi dan di terima secara umum tanpa
keraguan
§ Tahan lama dan tidak mudah rusak
§ Nilainya tetap
§ Mudah di simpan dan mudah di bawa
§ Mudah di bagi tanpa mengurangi nilai
b. Fungsi dan jenis-jenis uang
Fungsi uang terdiri atas fungsi asli dan fungsi turunan. Fungsi asli yaitu
uang sebagai alat tukar dan satuan hitung. Sedangkan fungsi turunan yaitu uang
sebagai alat pembayaran, menentukan harga, alat penunda pembangunan, serta alat
penimbun kekayaan.
Jenis-jenis uang
1. Menurut bahan pembuatan nya
a. Uang logam
b. Uang kertas
2. Menurut nilainya
c. Bernilai penuh (nilai intrinsic sama dengan
nilai nominal)
d. Tidak bernilai penuh (nilai nominalnya lebih
tinggi dari nilai bahan nya)
c. Permintaan dan penawaran uang
1. Permintaan uang
Permintaan uang adalah jumlah uang yang di inginkan oleh masyarakat untuk
mengadakan transaksi pada suatu wilayah dan waktu tertentu.
Faktor yang mempengaruhi permintaan uang
§ Besar kecilnya pembelanjaan Negara yang
berkaitan dengan pendapatan nasional
§ Cepat lambatnya laju peredaran uang
a. Kebiasaan pembayaran tunai
b. Frekuensi pembayaran pendapatan
c. Keadaan psikologi masyarakat dalam menggunakan
uang
§ Motif masyarakat dalam memiliki uang
a. Motif transaksi
b. Motif berjaga-jaga
c. Motif spekulasi
2. Penawaran uang
Penawaran uang adalah jumlah uang yang beredar untuk keperluan transaksi
bagi masyarakat suatu wilayah dan waktu tertentu.
Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran uang
§ Tingkat suku bunga
§ Pendapatan
§ Selera masyarakat
§ Harga barang
§ Letak geografi
§ Struktur ekonomi masyarakat
§ Fasilitas kredit
BANK
A.
Pengertian bank dan tugas bank
Berdasarka UU no.7
th 1992 yang telah di ubah denga UU no. 10 th 1998 bank adalah badan usaha yang
menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan mengeluarkan nya
kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk lain nya dalam rangka
meningkatkan taraf hidup masyarakat.
Tugas bank :
§ Penghimpunan dana
§ Penyalur dana masyarakat
§ Meningkatkan taraf hidup masyarakat
B.
Sistem perbankan
1) Bank sentral (bank Indonesia)
Bank sentral
adalah bank yang berfungsi sebagai bank sirkulasi karena fungsi nya membantu
kredit kepada bank-bank.
Tujuan dan tugas
bank Indonesia (UU no. 23 th 1999)
Tujuan bank
Indonesia adalah mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.
Tugas bank
Indonesia (bank sentral)
§ Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter
§ Mengatur dan menjaga kelancaran system
pembayaran
§ Mengatur dan mengawasi bank
2) Bank umum
Berdasarkan UU
no.10 th 1998 bank umum adalah bank yang melakukan kegiatan usaha secara
konvensional dan atau bedasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatan nya
memberikan jasa dalam lalulintas pembayaran.
Fungsi bank umum
§ Menyediakan mekanisme dan alat pembayaran yang
efisien dalam kegiatan ekonomi
§ Menciptakan uang
§ Menghimpun dana dan menyalurkan nya ke
masyarakat
§ Menawarkan jasa-jasa perbankan
C. Kebijakan moneter
Kebijakan moneter
merupakan seperangkat tindakan pemerintah dalam mengatur keuangan dan jumlah
yang beredar melalui bank sentral ( Bank
Indonesia)
Tujuan kebijakan
moneter
§ Menjaga stabilitas ekonomi
§ Menciptakan kesempatan kerja
§ Kestabilan harga
Bentuk kebijakan moneter
§ Politik diskonto
Adalah politik menaikkan atau menurunkan tingkat suku bunga yang di
laksanakan bank sentral terhadap bank-bank umum
§ Politik pasar terbuka
Adalah kebijakan bank sentral untuk menjual dan
membeli SBI
§ Politik cash ratio
Adalah kebijakan pemerintah dengan cara
mengubah cadangan minimum
§ Pembatasan kredit
Lampiran 2
Butir-butir Tes
1.
Sebutkan factor
yang mempengaruhi penawaran uang !
2.
Sebutkan alasan
seseorang memegang uang tunai !
3.
Jelaskan yang di
maksud bank ?
4.
Sebutkan tugas
bank sentral !
5.
Sebutkan tujuan
di laksanakan kebijakan moneter !
6.
Sebutkan
bentuk-bentuk kebijakan moneter !
Lampiran 3
KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
No.
|
Soal
|
Kunci jawaban
|
Skor/nilai
|
1
|
Sebutkan factor yang mempengaruhi penawaran
uang !
|
Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran
uang
§ Tingkat suku bunga
§ Pendapatan
§ Selera masyarakat
§ Harga barang
§ Letak geografi
§ Struktur ekonomi masyarakat
§ Fasilitas kredit
|
7
|
2
|
Sebutkan alasan seseorang memegang uang tunai
!
|
Motif masyarakat dalam memiliki uang
a. Motif transaksi
b. Motif berjaga-jaga
c.
Motif spekulasi
|
7
|
3
|
Jelaskan yang di maksud bank ?
|
Berdasarka UU no.7 th 1992 yang telah di ubah denga UU no. 10 th 1998
bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk
simpanan dan mengeluarkan nya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau
bentuk lain nya dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat.
|
10
|
4
|
Sebutkan tugas bank sentral !
|
Tugas bank Indonesia (bank sentral)
a.
Menetapkan
dan melaksanakan kebijakan moneter
b.
Mengatur
dan menjaga kelancaran system pembayaran
c.
Mengatur
dan mengawasi bank
|
10
|
5
|
Sebutkan tujuan di laksanakan kebijakan
moneter !
|
Tujuan kebijakan moneter
a.
Menjaga
stabilitas ekonomi
b.
Menciptakan
kesempatan kerja
c.
Kestabilan
harga
|
6
|
6
|
Sebutkan bentuk-bentuk kebijakan moneter !
|
Bentuk kebijakan moneter
a. Politik diskonto
Adalah politik menaikkan atau
menurunkan tingkat suku bunga yang di laksanakan bank sentral terhadap
bank-bank umum
b. Politik pasar terbuka
Adalah kebijakan bank sentral
untuk menjual dan membeli SBI
c. Politik cash ratio
Adalah kebijakan pemerintah
dengan cara mengubah cadangan minimum
d. Pembatasan kredit
|
10
|
Nilai siswa = jumlah
skor yang di peroleh x 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar