Rabu, 06 Juni 2012

RPP IPS


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

I. Identitas Sekolah
Nama Sekolah                                     : SMA N 3 Singkawang
Kelas/Semester                                    : X/II
Program studi                                      :  IPS
Mata Diklat/Pelajaran                         : Ekonomi
Jumlah Pertemuan                               : 1 x Pertemuan

II.  Standar Kompetensi    : 
Memahami uang dan perbankan

III.Kompetensi Dasar       :
1.      Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang
2.      Peran bank umum dan bank sentral
3.      Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter

IV. Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.      Mendeskripsikan pengertian,fungsi dan jenis uang serta factor permintaan dan penawaran uang
2.      Membedakan tugas atau peran dari bank umum dan bank sentral
3.      Mendeskripsikan tujuan dan bentuk dari kebijakan moneter pemerintah

V. Tujuan Pembelajaran:
·      Kognitif
1.      Setelah mendengarkan penjelasan guru, peserta didik dapat menjelaskan paham akan fungsi dan jenis uang serta syarat-syarat uang.
2.      Setelah mendengarkan penjelasan guru, peserta didik dapat membedakan serta dapat menngklasifikasikan jenis bank yang termasuk ke dalam bank sentral dan bank umum.
3.      Setelah mendengarkan penjelasan guru, peserta didik dapat menjelaskan solusi kebijakan mana yang perlu di ambil oleh pemerintah atas suatu permasalahan yang sedang di hadapi.

·      Afektif
Peserta didik dapat mengikuti pelajaran tentang uang dan perbankan dengan tertib, teliti, dan bertanggung jawab.



·      Psikomotorik
Peserta didik dapat terampil dalam  pembelajaran tentang uang dan bank, dapat membedakan nya serta mengaplikasikan nya di kehidupan nyata.


VI. Materi Ajar        
1.      Penjelasan tentang pengertian dan syarat uang (terlampir)
2.      Skema tentang fungsi uang (terlampir)
3.      Factor permintaan dan penawaran uang (terlampir)
4.      Pengertian bank dan tugas bank (terlampir)
5.      System perbankan (terlampir)
6.      Tujuan serta bentuk kebijakan moneter pemerintah (terlampir)
     
VII. Alokasi Waktu               : 2 x 45 menit
VII. Metode Pembelajaran   :
1.            Pembelajaran Langsung
2.            Tanya Jawab


IX. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan Belajar Mengajar
Waktu
Nilai

I
Pendahuluan
15



-       Guru Memberi salam,
-       Berdoa
-       Memeriksa kehadiran
-       Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran.
-       Apersepsi:
Guru menggali kembali pengetahuan peserta didik tentang mater pertemuan sebelumnya misalnya dengan meminta siswa menyebutkan apa sajua materi yang telah di ajarkan pada pertemuan sebelum nya
-       Menyebutkan  tujuan pembelajaran
-       Mengemukakan cakupan materi pelajaran
-       Memotivasi siswa
Menjelaskan pentingnya materi untuk diketahui peserta didik sebagai bekal pengetahuannya di masyarakat



-Pedulilingkungan




-Komunikatif

-Rasa inginTahu



II
Kegiatan Inti
60



1.      Eksplorasi
·   Guru menjelaskan tentang materi uang dan bank, yaitu pengertian,syarat,fungsi dan jenis uang
·   Guru menjelaskan tentang permintaan dan penawaran uang,serta factor-faktor yang mempengaruhi
·   Guru menjelaskan tentang bank dan kebijakan moneter pemerintah

-Rasa ingin
  Tahu



2.      Elaborasi
·   Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang materi uang dan bank, yaitu pengertian,syarat,fungsi dan jenis uang . tentang permintaan dan penawaran uang,serta factor-faktor yang mempengaruhi, serta penjelasan tentang bank dan kebijakan moneter pemerintah
·      Peserta didik diberikan kesempatan oleh guru untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah tanpa rasa takut salah.
·      Siswa merespon penjelasan guru dengan mengkomunikasikan dengan lisan dan tulisan
·      Guru memonitor dan menjadi fasilitator pelaksanaan pembelajaran
·      Guru membantu siswa menyelasaikan masalah, memberi acuan, memberi informasi untuk bereksporasi lebih jauh, dan memberikan motovasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
·      Guru menjelaskan materi yang kurang jelas.


-Komunikatif
-Rasa ingin tahu
-Pedulilingkungan


3. Konfirmasi
·      Guru melakukan Tanya jawab dan memberikan umpan balik kepada siswa.
·      Guru memberikan penguatan dengan lisan misalnya peserta didik hari ini sangat memperhatikan pelajaran dan aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan.
·    Guru meminta peserta didik merefleksikan pengalaman belajar yang baru mereka lakukan.



III
Kegiatan Akhir (Penutup)
15



·         Peserta didik dibantu oleh guru menyimpulkan materi pembelajaran.
·         Guru mengevaluasi
Guru menanyakan kembali kepada peserta didik secara acak tentang materi yang telah disampaikan.
·         Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·      Guru memberikan tugas mengerjakan soal-soal latihan dan membaca materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya dalam buku paket sebagai tugas mandiri.
·      Guru menyampaikan rencana materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
·      Memberi salam






X. Penilaian
1.   Teknik penilaian :
Tes tertulis.
2.   Bentuk tes:
Tes uraian/essay (terlampir)
3.   Butir-butir tes  (terlampir)
4.   Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran  (terlampir)

XI. Sumber Belajar
1.      Buku Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X, Pengarang Rusdati,tahun 2008.
2.      LKS Ekonomi Pista,kelas X, Pengarang;setiyadi Ds, Penerbit; CV setia aji, Tahun 2010: bandung.
3.      Artikel tentanguang dan bank, www.google.com

XII. Media pembelajaran
1.      Papan tulis (white board)
2.      Spidol
3.      Penghapus
4.      LCD
5.      Laptop

Pontianak, 09 April 2012
Kepala sekolah,


Gogon suhendra,spd
NIP 160993061292131006
        Mengetahui,       
Guru mata diklat,


Dea Fatika Sari
NIP 061292160993131006
 







































Lampiran 1
Materi ajar
Uang
a.       Pengertian dan syarat uang
Uang adalah suatu benda yang di terima secara umum sebagai alat tukar.
                        Syarat-syarat uang:
§  Di senangi dan di terima secara umum tanpa keraguan
§  Tahan lama dan tidak mudah rusak
§  Nilainya tetap
§  Mudah di simpan dan mudah di bawa
§  Mudah di bagi tanpa mengurangi nilai
b.      Fungsi dan jenis-jenis uang
Fungsi uang terdiri atas fungsi asli dan fungsi turunan. Fungsi asli yaitu uang sebagai alat tukar dan satuan hitung. Sedangkan fungsi turunan yaitu uang sebagai alat pembayaran, menentukan harga, alat penunda pembangunan, serta alat penimbun kekayaan.
Jenis-jenis uang
1.      Menurut bahan pembuatan nya
a.       Uang logam
b.      Uang kertas
2.      Menurut nilainya
c.       Bernilai penuh (nilai intrinsic sama dengan nilai nominal)
d.      Tidak bernilai penuh (nilai nominalnya lebih tinggi dari nilai bahan nya)
c.       Permintaan dan penawaran uang
1.      Permintaan uang
Permintaan uang adalah jumlah uang yang di inginkan oleh masyarakat untuk mengadakan transaksi pada suatu wilayah dan waktu tertentu.
Faktor yang mempengaruhi permintaan uang
§  Besar kecilnya pembelanjaan Negara yang berkaitan dengan pendapatan nasional
§  Cepat lambatnya laju peredaran uang
a.       Kebiasaan pembayaran tunai
b.      Frekuensi pembayaran pendapatan
c.       Keadaan psikologi masyarakat dalam menggunakan uang
§  Motif masyarakat dalam memiliki uang
a.       Motif transaksi
b.      Motif berjaga-jaga
c.       Motif spekulasi
2.      Penawaran uang
Penawaran uang adalah jumlah uang yang beredar untuk keperluan transaksi bagi masyarakat suatu wilayah dan waktu tertentu.
Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran uang
§  Tingkat suku bunga
§  Pendapatan
§  Selera masyarakat
§  Harga barang
§  Letak geografi
§  Struktur ekonomi masyarakat
§  Fasilitas kredit
BANK
A.    Pengertian bank dan tugas bank
Berdasarka UU no.7 th 1992 yang telah di ubah denga UU no. 10 th 1998 bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan mengeluarkan nya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk lain nya dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat.
Tugas bank :
§  Penghimpunan dana
§  Penyalur dana masyarakat
§  Meningkatkan taraf hidup masyarakat

B.     Sistem perbankan
1)      Bank sentral (bank Indonesia)
Bank sentral adalah bank yang berfungsi sebagai bank sirkulasi karena fungsi nya membantu kredit kepada bank-bank.
Tujuan dan tugas bank Indonesia (UU no. 23 th 1999)
Tujuan bank Indonesia adalah mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.
Tugas bank Indonesia (bank sentral)
§  Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter
§  Mengatur dan menjaga kelancaran system pembayaran
§  Mengatur dan mengawasi bank
2)      Bank umum
Berdasarkan UU no.10 th 1998 bank umum adalah bank yang melakukan kegiatan usaha secara konvensional dan atau bedasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatan nya memberikan jasa dalam lalulintas pembayaran.
Fungsi bank umum
§  Menyediakan mekanisme dan alat pembayaran yang efisien dalam kegiatan ekonomi
§  Menciptakan uang
§  Menghimpun dana dan menyalurkan nya ke masyarakat
§  Menawarkan jasa-jasa perbankan
C.     Kebijakan moneter
Kebijakan moneter merupakan seperangkat tindakan pemerintah dalam mengatur keuangan dan jumlah yang beredar melalui bank sentral (     Bank Indonesia)
Tujuan kebijakan moneter
§  Menjaga stabilitas ekonomi
§  Menciptakan kesempatan kerja
§  Kestabilan harga
Bentuk kebijakan moneter
§  Politik diskonto
Adalah politik menaikkan atau menurunkan tingkat suku bunga yang di laksanakan bank sentral terhadap bank-bank umum
§  Politik pasar terbuka
Adalah kebijakan bank sentral untuk menjual dan membeli SBI
§  Politik cash ratio
Adalah kebijakan pemerintah dengan cara mengubah cadangan minimum
§  Pembatasan kredit
Lampiran 2
Butir-butir Tes
1.      Sebutkan factor yang mempengaruhi penawaran uang !
2.      Sebutkan alasan seseorang memegang uang tunai !
3.      Jelaskan yang di maksud bank ?
4.      Sebutkan tugas bank sentral !
5.      Sebutkan tujuan di laksanakan kebijakan moneter !
6.      Sebutkan bentuk-bentuk kebijakan moneter !


Lampiran 3
KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
No.
Soal
Kunci jawaban
Skor/nilai
1
Sebutkan factor yang mempengaruhi penawaran uang !

Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran uang
§  Tingkat suku bunga
§  Pendapatan
§  Selera masyarakat
§  Harga barang
§  Letak geografi
§  Struktur ekonomi masyarakat
§  Fasilitas kredit

7
2
Sebutkan alasan seseorang memegang uang tunai !

Motif masyarakat dalam memiliki uang
a.       Motif transaksi
b.      Motif berjaga-jaga
c.       Motif spekulasi
7
3
Jelaskan yang di maksud bank ?

Berdasarka UU no.7 th 1992 yang telah di ubah denga UU no. 10 th 1998 bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan mengeluarkan nya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk lain nya dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat.

10
4
Sebutkan tugas bank sentral !

Tugas bank Indonesia (bank sentral)
a.       Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter
b.      Mengatur dan menjaga kelancaran system pembayaran
c.       Mengatur dan mengawasi bank

10
5
Sebutkan tujuan di laksanakan kebijakan moneter !

 Tujuan kebijakan moneter
a.       Menjaga stabilitas ekonomi
b.      Menciptakan kesempatan kerja
c.       Kestabilan harga

6
6
Sebutkan bentuk-bentuk kebijakan moneter !


Bentuk kebijakan moneter
a.       Politik diskonto
Adalah politik menaikkan atau menurunkan tingkat suku bunga yang di laksanakan bank sentral terhadap bank-bank umum
b.      Politik pasar terbuka
Adalah kebijakan bank sentral untuk menjual dan membeli SBI
c.       Politik cash ratio
Adalah kebijakan pemerintah dengan cara mengubah cadangan minimum
d.      Pembatasan kredit

10

Nilai siswa = jumlah skor yang di peroleh x 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar