Rabu, 06 Juni 2012

RPP IPS "Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi."


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.             Identitas Sekolah
Nama Sekolah                                        : SMA N 1 Teluk Batang
Kelas/Semester                                       : X / 1
Mata Diklat/Pelajaran                            : Ekonomi
Jumlah Pertemuan                                  : 1 x Pertemuan

II.     Standar Kompetensi                            :
1.       Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.

III.       Kompetensi Dasar                                :
1.1   Mengidentifikasi kebutuhan manusia

IV.       Indikator Pencapaian Kompetensi     :
1)      Mendeskripsikan pengengertian kebutuhan
2)      Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia

V.          Tujuan Pembelajaran                          :
1)      Kognitif
Ø  Setelah mendengarkan penjelasan guru, peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
Ø  Setelah mendengarkan penjelasan guru, peserta didik mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia.
2)      Afektif
Peserta didik dapat mengikuti pelajaran tentang permasalahan-permasalahan ekonomi dengan tertib, teliti, dan bertanggung jawab.
3)      Psikomotorik
Peserta didik dapat terampil dalam memecahkan permasalahan-permasalahan ekonomi.

VI.       Materi Ajar                                           :
Ø  Pengertian Kebutuhan (Terlampir)
Ø  Macam-macam kebutuhan (Terlampir)

VII.    Alokasi Waktu                                      : 2 x 45 menit

VIII.  Metode Pembelajaran                         :
1)      Pembelajaran Langsung
2)      Diskusi
3)      Tanya jawab

IX.       Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

No
Kegiatan Belajar Mengajar
Waktu
Nilai
1
Pendahuluan
15 Menit


·       Guru memberikan salam

-          Peduli lingkungan

·       Berdo'a



·       Absensi



·       Apersepsi:

-          Komunikatif

Guru menggali kembali pengetahuan



peserta didik tentang materi

-          Rasa ingin tahu

pertemuan sebelumnya



·      Menyebutkan tujua pembelajaran



·      Mengemukakan cakupan materi



    Pelajaran



·       Memotivasi siswa tentang pentingnya materi untuk



diketahui peserta didik sebagai bekal pengetahuannya



Dimasyarakat







2
Kegiatan Inti
60 Menit


1.   Eksplorasi



·         Guru memberikan penjelasan tentang materi yang akan

-          Rasa ingin tahu

      Dipelajari



2.   Elaborasi



·         Peserta didik mendengarkan

-          Komunikatif

      penjelasan guru tentang materi yang dijelaskan atau disampaikan

-          Rasa ingin tahu

     

-          Peduli lingkungan

·         Peserta didik diberikan kesempatan oleh guru untuk



      membentuk kelompok dan mendiskusikan materi yang



      baru saja dipelajari







·         Siswa membentuk kelompok dan berdiskusi tentang materi



      Yang baru saja dipelajari







·         Guru mengamati perilaku siswa dan emberikan arahan



           kepada kelompok yang



      mengalami kesulitan diskusi



·         Guru menunjuk salah satu kelompok untuk



      mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas







·         Kelompok yang ditunjuk maju kedepan kelas untuk



      mempresentasikan hasil



      diskusinya dan kelompok yang lainnya mendengarkan serta



      Memberikan tanggapan dan



           Pertanyaan



3.   Konfirmasi



·         Guru memberikan jawaban yang tepat jika kelompok



      yang maju menjawab



      pertanyaan kelompok lain ada



      yang kurang tepat


3
Kegiatan Akhir (Penutup)
15 Menit


·      Peserta didik dibantu oleh guru



    menyimpulkan materi pelajaran



·      Guru menutup pelajaran dan



    memberikan pesan moral bagi para siswa



·      Salam penutup







X.          Penilaian                                               :
1.      Teknik penilaian:
-          Tes tertulis.
2.      Bentuk tes:
-          Tes uraian/essay (terlampir)
3.      Butir-butir tes (terlampir)
4.      Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran  (terlampir)

XI.       Sumber Belajar
1.      Buku Ekonomi SMA kelas X, Pengarang Drs.M.T.Ritonga dkk, Penerbit; PT Phibeta Aneka Gama, tahun 2007 : Jakarta 

XII.    Media pembelajaran
1.      Papan tulis (black board)
2.      Spidol
3.      Penghapus
4.      LCD
5.      Laptop

Teluk Batang, 21 Desember 2011
        Mengetahui,       
      Kepala Sekolah                                                                                    Guru Mata Diklat




   Syarifah Masna,Spd                                                                                     Yunardi, SH
     NIP 132190615                                                                                       NIP 520025813








Lampiran 1
Materi ajar
1.      Pengertian Kebutuhan
Manusia berjuang mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan, kebutuhan itu dapat berupa makanan seperti beras dan lauk pauk, dapat pula berupa pakaian, seperti baju, celana, dan kaos kaki, dan dapat juga berupa jasa seperti menonton film dibioskop, naik bus, dan bantuan dokter serta bantuan hokum seperti pengacara. Beragamnya barang dan jasa itu membuktikan bahwa kebutuhan manusia beragam juga. Apa yang akan terjadi apabila kebutuhan manusia itu terpenuhi? Dengan kemampuan kita dalam memenuhi kebutuhan, kelangsungan hidup manusia terus berlanjut, dan dengan terpenuhinya semua kebutuhan manusia, kelangsungan hidup manusia menjadi sejahtera.
Dalam uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa kebutuhan mencerminkan ada perasaan kekurangan dalam diri manusia yang ingin dipuaskan. Kebutuhan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mempertahankan hidup serta untuk memperoleh kesejahteraan dan kenyamanan. Orang membutuhkan sesuatu karena tanpa sesuatu itu ia merasa dirinya memiliki kekurangan. Yang lapar ingin makan, yang haus ingin minum, yang sakit ingin sembuh, yang bodoh ingin menjadi pintar. Selain itu, kebutuhan adalah segala sesuatu yang naluriah dan sangat diperlukan oleh manusia untuk mempertahankan hidupnya.
2.      Macam-Macam Kebutuhan
Kebutuhan manusia itu bergam. Beragamnya kebutuhan manusia itu dapat diklasifikasikan menurut karakteristik sebagai berikut:
1).  Prioritas
a.       Kebutuhan primer
Kebutuhan primer merupakan kebutuhan yang paling utama untuk dipenuhi.Termasuk dalam kebutuhan primer antara lain kebutuhan akan makanan, pakaian dan perumahan. Mengapa kebutuhan seperti itu dinamakan promer? Ditinjau dari sudut pandang etimologi, kebutuhan primer itu berarti kebutuhan yang pertama kali dibutuhkan oleh manusia demi kelangsungan hidupnya. Primer sendiri berasal dari kata primus yang berarti “pertama”. Akan sulit bagi manusia untuk melaksanakan jati dirinya sebelum kebutuhan primernya terpenuhi. Itulah mengapa kebutuhan primer disebut “kebutuhan alamiah”.
b.      Kebutuhan sekunder
Manusia tidak hanya hidup dengan memenuhi kebutuhan primer, tetapi manusi sebagai makhluk berbudaya dan bermasyarakat juga tidak terlepas dari kebutuhan yang lebih luas, lebih banyak, dan lebih sempurna. Kebutuhan semacam ini menyangkut kebutuhan akan peralatan rumah tangga seperti tempat tidur, meja, kursi, radio, buku, alat tulis, komputer, dan lain-lain. Kebutuhan seperti ini disebut kebutuhan sekunder. Kata sekunder berasal dari kata latin “secundus” yang berarti kedua. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan setelah kebutuhan primer terpenuhi.
c.       Kebutuhan tersier
Tersier berasal dari kata latin “tertius” yang berarti ketiga. Kebutuhan ini akan timbul setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Pemenuhan kebutuhan tersier ini tertuju kepada barang-barang mewah seperti mobil sedan yang mewah, TV yang besar dan berlayar datar 54 inci, wisata ke Alaska, dan lain-lain. Kebutuhan tersier ini bertujuan untuk meningkatkan prestise manusia tersebut dalam masyarakat.Perlu diketahui, batas antara kebutuhan sekunder dan tersier untuk setiap orang verveda-beda karena ditentukan oleh kedudukan dan status ekonomi orang ditengah masyarakat. Terkadang kebutuhan sekunder untuk satu golongan merupakan kebutuhan tersier untuk golongan lain. Contohnya kebutuhan akan TV hitam putih disuatu desa terpencil, sementara di kota-kota besar TV hitam putih tidak lagi dianggap barang mewah. Bahkan bagi golongan yang berpenghasilan tinggi, TV berwarna sudah dianggap sebagai kebutuhan primer.
2).  Sifat
a.   Kebutuhan jasmani
Kebutuhan ini berhubungan dengan badan atau raga kita. Agar tetap hidup, raga kita harus tetap terpelihara dengan memberikan cukup makanan, minuman, dan pakaian agar kita tetap layak hidup dalam masyarakat. Lalu kita ketahui sekarang ini, di kota-kota sudah menjamur pusat-pusat kesegaran jasmani atau fitness center, gejala ini juga menunjukkan upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan jasmani. Maka dapat disimpulkan bahwa kebutuhan jasmani merupakan segala sesuatu yang diperlukan manusia untuk memelihara raganya.
b.   Kebutuhan rohani
      Terpenuhinya kebutuhan jasmani belum menjamin berlangsungnya kehidupan kita dengan baik. Selain makan dan minum, manusia masih membutuhkan ketentraman, kenyamanan, pemuasan, dan perhatian. Kebutuhan seperti itu berhubungan dengan rohani atau batin kita dan kebutuhan ini tidak boleh disepelekan. Disini dapat kita simpulkan bahwa kebutuhan rohani merupakan kebutuhan yang bila dipenuhi akan memberikan kepuasan batin. Hal yang harus diperhatikan disini adalah bahwa kebutuhan rohani tidak hanya meliputi kebutuhan untuk menjalankan ibadah saja, tetapi juga kebutuhan akan pendidikan seperti membaca buku, rekreasi, dan lain-lain.
3).  Waktu
a.   Kebutuhan sekarang
Kebutuhan seperti ini menunjuk pada kebutuhan yang pemenuhannya harus sekarang juga atau tidak dapat ditunda.Penundaan akan member akibat fatal, misalnya orang yang sedang sakit harus segera minum obat yang sesuai dengan penyakitnya. Jika ditunda maka nyawa si sakit akan terancam.
b.   Kebutuhan yang akan datang
      Kebutuhan semacam ini menunjuk pada kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan dikemudian hari. Dengan demikian, kebutuhan ini berhubungan dengan persediaan atau persiapan untuk waktu yang akan datang, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Sebagai contoh, penyediaan perlengkapan bayi bagi ibu yang sedang mengandung, menabung dalam rangka penyediaan dana untuk melanjutkan pendidikan, dan lain sebagainya.
4).  Subyek yang dibutuhkan
a.   Kebutuhan individual
      Kebutuhan individual adalah kebutuhan yang mencakup hal-hal yang diperuntukkan bagi perseorangan (individu). Kebutuhan seperti ini berbeda untuk tiap-tiap orang. Sebagai contoh, kebutuhan seorang petani berbeda dengan kebutuhan seorang akuntan. Seorang petani membutuhkan cangkul, arit, bajak, dan pupuk, sementara seorang akuntan membutuhkan alat tulis, kalkulator, kertas, dan komputer.
b.   Kebutuhan kolektif
      Kebutuhan kolektif adalah kebutuhan yang dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat secara bersama-sama. Antara lain jembatan, pasar, angkutan umum, rumah sakit, tempat rekreasi, dan lain-lain. Barang dan jasa kebutuhan kolektif ini disediakan untuk memudahkan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan ekonomi, sosial, atau kegiatan sehari-hari lainnya.


Lampiran 2
Butir-butir Tes
1.      Apa pengertian kebutuhan?
2.      Sebutkan macam-macam kebutuhan menurut karakteristik prioritas, sifat, waktu, dan subyek yang dibutuhkan!
3.      Apa yang dimaksud dengan kebutuhan primer, sekunder, dan tersier?
4.      Berikan contoh kebutuhan sekarang dan kebutuhan yang akan datang!
5.      Apa perbedaan antara kebutuhan individual dan kebutuhan kolektif?






Lampiran 3
Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran
No
Soal
Kunci Jawaban
Skor/Nilai
1
Apa pengertian kebutuhan?
kebutuhan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk
20


mempertahankan hidup serta untuk



Memperoleh kesejahteraan dan



Kenyamanan.





2
Sebutkan macam-macam kebutuhan
a. Menurut karakteristik prioritas:
20

menurut karakteristik prioritas, sifat,
·         Kebutuhan primer


waktu, dan subyek yang dibutuhkan!
·         Kebutuhan sekunder



·         Kebutuhan tersier



b. Menurut karakteristik sifat:



·         Kebutuhan jasmani



·         Kebutuhan rohani



c. Menurut karakteristik waktu:



·         Kebutuhan sekarang



·         Kebutuhan yang akan datang



d. Menurut karakteristik subyek yang



    dibutuhkan:



·         Kebutuhan individual



·         Kebutuhan kolektif

3
Apa yang dimaksud dengan kebutuhan primer, sekunder, dan
a.   Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang paling utama
20

tersier?
    untuk dipenuhi.



b.   Kebutuhan sekunder adalah



    kebutuhan kedua setelah kebutuhan primer terpenuhi.







c.   Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang timbul setelah



    kebutuhan primer dan sekunder



    terpenuhi.

4
Berikan contoh kebutuhan sekarang
-    Contoh kebutuhan sekarang  adalah orang yang sedang sakit
20

dan kebutuhan yang akan datang!
    harus segera minum obat yang



    sesuai dengan penyakitnya, jika



   ditunda jiwa si sakit akan



    terancam.



-      Contoh kebutuhan yang akan dating adalah kita menabung



     Untuk keperluan melanjutkan



     pendidikan.

5
Apa perbedaan antara kebutuhan
Perbedaan antara kebutuhan individual dan kebutuhan kolektif
20

individual dan kebutuhan kolektif?
adalah jika kebutuhan individual



adalah kebutuhan yang



diperuntukkan bagi perseorangan



(individu), sedangkan kebutuhan



kolektif adalah kebutuhan yang



dimanfaatkan untuk kepentingan



masyarakat secara bersama-sama.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar