RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.
Identitas
Sekolah
Nama Sekolah :
SMA N 1 Teluk Batang
Kelas/Semester :
X / 1
Mata Diklat/Pelajaran : Ekonomi
Jumlah Pertemuan :
1 x Pertemuan
II. Standar
Kompetensi :
1.
Memahami
permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan
sistem ekonomi.
III. Kompetensi Dasar :
1.1
Mengidentifikasi
kebutuhan manusia
IV.
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
1) Mendeskripsikan
pengengertian kebutuhan
2) Mengidentifikasi
bermacam-macam kebutuhan manusia
V.
Tujuan
Pembelajaran :
1)
Kognitif
Ø Setelah mendengarkan penjelasan guru, peserta
didik dapat mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
Ø Setelah mendengarkan penjelasan guru, peserta
didik mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia.
2)
Afektif
Peserta didik dapat
mengikuti pelajaran tentang permasalahan-permasalahan ekonomi dengan tertib,
teliti, dan bertanggung jawab.
3)
Psikomotorik
Peserta didik dapat
terampil dalam memecahkan permasalahan-permasalahan ekonomi.
VI. Materi Ajar :
Ø Pengertian Kebutuhan (Terlampir)
Ø Macam-macam kebutuhan (Terlampir)
VII.
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
VIII. Metode Pembelajaran :
1)
Pembelajaran
Langsung
2)
Diskusi
3)
Tanya jawab
IX. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan Belajar Mengajar
|
Waktu
|
Nilai
|
1
|
Pendahuluan
|
15 Menit
|
|
|
·
Guru memberikan salam
|
|
-
Peduli lingkungan
|
|
·
Berdo'a
|
|
|
|
·
Absensi
|
|
|
|
·
Apersepsi:
|
|
-
Komunikatif
|
|
Guru menggali kembali pengetahuan
|
|
|
|
peserta didik tentang
materi
|
|
-
Rasa ingin tahu
|
|
pertemuan sebelumnya
|
|
|
|
·
Menyebutkan tujua
pembelajaran
|
|
|
|
·
Mengemukakan cakupan
materi
|
|
|
|
Pelajaran
|
|
|
|
·
Memotivasi siswa tentang pentingnya
materi untuk
|
|
|
|
diketahui peserta didik
sebagai bekal pengetahuannya
|
|
|
|
Dimasyarakat
|
|
|
|
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
60 Menit
|
|
|
1.
Eksplorasi
|
|
|
|
·
Guru memberikan
penjelasan tentang materi yang akan
|
|
-
Rasa ingin tahu
|
|
Dipelajari
|
|
|
|
2.
Elaborasi
|
|
|
|
·
Peserta didik
mendengarkan
|
|
-
Komunikatif
|
|
penjelasan guru tentang materi yang
dijelaskan atau disampaikan
|
|
-
Rasa ingin tahu
|
|
|
|
-
Peduli lingkungan
|
|
·
Peserta didik diberikan
kesempatan oleh guru untuk
|
|
|
|
membentuk kelompok dan mendiskusikan
materi yang
|
|
|
|
baru saja dipelajari
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Siswa membentuk kelompok
dan berdiskusi tentang materi
|
|
|
|
Yang baru saja dipelajari
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Guru mengamati perilaku
siswa dan emberikan arahan
|
|
|
|
kepada kelompok yang
|
|
|
|
mengalami kesulitan diskusi
|
|
|
|
·
Guru menunjuk salah satu
kelompok untuk
|
|
|
|
mempresentasikan hasil diskusi didepan
kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Kelompok yang ditunjuk
maju kedepan kelas untuk
|
|
|
|
mempresentasikan hasil
|
|
|
|
diskusinya dan kelompok yang lainnya
mendengarkan serta
|
|
|
|
Memberikan tanggapan dan
|
|
|
|
Pertanyaan
|
|
|
|
3.
Konfirmasi
|
|
|
|
·
Guru memberikan jawaban
yang tepat jika kelompok
|
|
|
|
yang maju menjawab
|
|
|
|
pertanyaan kelompok lain ada
|
|
|
|
yang kurang tepat
|
|
|
3
|
Kegiatan Akhir (Penutup)
|
15 Menit
|
|
|
·
Peserta didik dibantu
oleh guru
|
|
|
|
menyimpulkan materi pelajaran
|
|
|
|
·
Guru menutup pelajaran
dan
|
|
|
|
memberikan pesan moral bagi para siswa
|
|
|
|
·
Salam penutup
|
|
|
|
|
|
X.
Penilaian :
1. Teknik
penilaian:
-
Tes tertulis.
2. Bentuk
tes:
-
Tes uraian/essay (terlampir)
3. Butir-butir
tes (terlampir)
4. Kunci Jawaban dan Pedoman
Penskoran (terlampir)
XI. Sumber Belajar
1. Buku Ekonomi SMA kelas X, Pengarang Drs.M.T.Ritonga
dkk, Penerbit; PT Phibeta Aneka Gama, tahun 2007 : Jakarta
XII. Media pembelajaran
1.
Papan tulis (black board)
2.
Spidol
3.
Penghapus
4.
LCD
5.
Laptop
Teluk
Batang, 21
Desember 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Diklat
Syarifah Masna,Spd Yunardi,
SH
NIP 132190615 NIP 520025813
Lampiran 1
Materi ajar
1. Pengertian Kebutuhan
Manusia berjuang mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan, kebutuhan itu
dapat berupa makanan seperti beras dan lauk pauk, dapat pula berupa pakaian,
seperti baju, celana, dan kaos kaki, dan dapat juga berupa jasa seperti
menonton film dibioskop, naik bus, dan bantuan dokter serta bantuan hokum
seperti pengacara. Beragamnya barang dan jasa itu membuktikan bahwa kebutuhan
manusia beragam juga. Apa yang akan terjadi apabila kebutuhan manusia itu
terpenuhi? Dengan kemampuan kita dalam memenuhi kebutuhan, kelangsungan hidup
manusia terus berlanjut, dan dengan terpenuhinya semua kebutuhan manusia,
kelangsungan hidup manusia menjadi sejahtera.
Dalam uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa kebutuhan
mencerminkan ada perasaan kekurangan dalam diri manusia yang ingin dipuaskan. Kebutuhan
adalah segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mempertahankan hidup serta
untuk memperoleh kesejahteraan dan kenyamanan. Orang membutuhkan sesuatu karena tanpa sesuatu itu ia merasa dirinya
memiliki kekurangan. Yang lapar ingin makan, yang haus ingin minum, yang sakit
ingin sembuh, yang bodoh ingin menjadi pintar. Selain itu, kebutuhan adalah
segala sesuatu yang naluriah dan sangat diperlukan oleh manusia untuk
mempertahankan hidupnya.
2. Macam-Macam Kebutuhan
Kebutuhan manusia itu bergam. Beragamnya
kebutuhan manusia itu dapat diklasifikasikan menurut karakteristik sebagai
berikut:
1). Prioritas
a. Kebutuhan primer
Kebutuhan primer merupakan kebutuhan yang
paling utama untuk dipenuhi.Termasuk dalam kebutuhan primer antara lain
kebutuhan akan makanan, pakaian dan perumahan. Mengapa kebutuhan seperti itu
dinamakan promer? Ditinjau dari sudut pandang etimologi, kebutuhan primer itu
berarti kebutuhan yang pertama kali dibutuhkan oleh manusia demi kelangsungan
hidupnya. Primer sendiri berasal dari kata primus yang berarti “pertama”. Akan
sulit bagi manusia untuk melaksanakan jati dirinya sebelum kebutuhan primernya
terpenuhi. Itulah mengapa kebutuhan primer disebut “kebutuhan alamiah”.
b. Kebutuhan sekunder
Manusia tidak hanya hidup dengan memenuhi
kebutuhan primer, tetapi manusi sebagai makhluk berbudaya dan bermasyarakat
juga tidak terlepas dari kebutuhan yang lebih luas, lebih banyak, dan lebih
sempurna. Kebutuhan semacam ini menyangkut kebutuhan akan peralatan rumah
tangga seperti tempat tidur, meja, kursi, radio, buku, alat tulis, komputer,
dan lain-lain. Kebutuhan seperti ini disebut kebutuhan sekunder. Kata sekunder
berasal dari kata latin “secundus” yang berarti kedua. Kebutuhan sekunder
merupakan kebutuhan setelah kebutuhan primer terpenuhi.
c. Kebutuhan tersier
Tersier berasal dari kata latin “tertius” yang
berarti ketiga. Kebutuhan ini akan timbul setelah kebutuhan primer dan sekunder
terpenuhi. Pemenuhan kebutuhan tersier ini tertuju kepada barang-barang mewah
seperti mobil sedan yang mewah, TV yang besar dan berlayar datar 54 inci,
wisata ke Alaska, dan lain-lain. Kebutuhan tersier ini bertujuan untuk
meningkatkan prestise manusia tersebut dalam masyarakat.Perlu diketahui, batas
antara kebutuhan sekunder dan tersier untuk setiap orang verveda-beda karena
ditentukan oleh kedudukan dan status ekonomi orang ditengah masyarakat.
Terkadang kebutuhan sekunder untuk satu golongan merupakan kebutuhan tersier
untuk golongan lain. Contohnya kebutuhan akan TV hitam putih disuatu desa
terpencil, sementara di kota-kota besar TV hitam putih tidak lagi dianggap
barang mewah. Bahkan bagi golongan yang berpenghasilan tinggi, TV berwarna
sudah dianggap sebagai kebutuhan primer.
2). Sifat
a. Kebutuhan
jasmani
Kebutuhan ini berhubungan dengan badan atau
raga kita. Agar tetap hidup, raga kita harus tetap terpelihara dengan
memberikan cukup makanan, minuman, dan pakaian agar kita tetap layak hidup
dalam masyarakat. Lalu kita ketahui sekarang ini, di kota-kota sudah menjamur
pusat-pusat kesegaran jasmani atau fitness center, gejala ini juga menunjukkan
upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan jasmani. Maka dapat disimpulkan bahwa
kebutuhan jasmani merupakan segala sesuatu yang diperlukan manusia untuk
memelihara raganya.
b. Kebutuhan
rohani
Terpenuhinya kebutuhan jasmani
belum menjamin berlangsungnya kehidupan kita dengan baik. Selain makan dan
minum, manusia masih membutuhkan ketentraman, kenyamanan, pemuasan, dan
perhatian. Kebutuhan seperti itu berhubungan dengan rohani atau batin kita dan
kebutuhan ini tidak boleh disepelekan. Disini dapat kita simpulkan bahwa
kebutuhan rohani merupakan kebutuhan yang bila dipenuhi akan memberikan
kepuasan batin. Hal yang harus diperhatikan disini adalah bahwa kebutuhan
rohani tidak hanya meliputi kebutuhan untuk menjalankan ibadah saja, tetapi
juga kebutuhan akan pendidikan seperti membaca buku, rekreasi, dan lain-lain.
3). Waktu
a. Kebutuhan
sekarang
Kebutuhan seperti ini menunjuk pada kebutuhan yang
pemenuhannya harus sekarang juga atau tidak dapat ditunda.Penundaan akan member
akibat fatal, misalnya orang yang sedang sakit harus segera minum obat yang
sesuai dengan penyakitnya. Jika ditunda maka nyawa si sakit akan terancam.
b. Kebutuhan yang akan datang
Kebutuhan
semacam ini menunjuk pada kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan dikemudian
hari. Dengan demikian, kebutuhan ini berhubungan dengan persediaan atau
persiapan untuk waktu yang akan datang, baik jangka pendek maupun jangka
panjang. Sebagai contoh, penyediaan perlengkapan bayi bagi ibu yang sedang
mengandung, menabung dalam rangka penyediaan dana untuk melanjutkan pendidikan,
dan lain sebagainya.
4). Subyek yang dibutuhkan
a. Kebutuhan
individual
Kebutuhan individual adalah
kebutuhan yang mencakup hal-hal yang diperuntukkan bagi perseorangan
(individu). Kebutuhan seperti ini berbeda untuk tiap-tiap orang. Sebagai
contoh, kebutuhan seorang petani berbeda dengan kebutuhan seorang akuntan.
Seorang petani membutuhkan cangkul, arit, bajak, dan pupuk, sementara seorang
akuntan membutuhkan alat tulis, kalkulator, kertas, dan komputer.
b. Kebutuhan
kolektif
Kebutuhan kolektif adalah
kebutuhan yang dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat secara bersama-sama.
Antara lain jembatan, pasar, angkutan umum, rumah sakit, tempat rekreasi, dan
lain-lain. Barang dan jasa kebutuhan kolektif ini disediakan untuk memudahkan
masyarakat untuk melaksanakan kegiatan ekonomi, sosial, atau kegiatan
sehari-hari lainnya.
Lampiran
2
Butir-butir Tes
1.
Apa pengertian kebutuhan?
2.
Sebutkan macam-macam kebutuhan menurut karakteristik
prioritas, sifat, waktu, dan subyek yang dibutuhkan!
3.
Apa yang dimaksud dengan kebutuhan primer, sekunder,
dan tersier?
4.
Berikan contoh kebutuhan sekarang dan kebutuhan yang
akan datang!
5.
Apa perbedaan antara kebutuhan individual dan kebutuhan
kolektif?
Lampiran
3
Kunci Jawaban dan
Pedoman Penskoran
No
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor/Nilai
|
1
|
Apa pengertian
kebutuhan?
|
kebutuhan adalah segala
sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk
|
20
|
|
|
mempertahankan hidup
serta untuk
|
|
|
|
Memperoleh kesejahteraan dan
|
|
|
|
Kenyamanan.
|
|
|
|
|
|
2
|
Sebutkan macam-macam
kebutuhan
|
a. Menurut karakteristik
prioritas:
|
20
|
|
menurut karakteristik
prioritas, sifat,
|
·
Kebutuhan primer
|
|
|
waktu, dan subyek yang
dibutuhkan!
|
·
Kebutuhan sekunder
|
|
|
|
·
Kebutuhan tersier
|
|
|
|
b. Menurut karakteristik
sifat:
|
|
|
|
·
Kebutuhan jasmani
|
|
|
|
·
Kebutuhan rohani
|
|
|
|
c. Menurut karakteristik
waktu:
|
|
|
|
·
Kebutuhan sekarang
|
|
|
|
·
Kebutuhan yang akan
datang
|
|
|
|
d. Menurut karakteristik
subyek yang
|
|
|
|
dibutuhkan:
|
|
|
|
·
Kebutuhan individual
|
|
|
|
·
Kebutuhan kolektif
|
|
3
|
Apa yang dimaksud dengan
kebutuhan primer, sekunder, dan
|
a.
Kebutuhan primer adalah
kebutuhan yang paling utama
|
20
|
|
tersier?
|
untuk dipenuhi.
|
|
|
|
b.
Kebutuhan sekunder adalah
|
|
|
|
kebutuhan kedua setelah kebutuhan primer
terpenuhi.
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Kebutuhan tersier adalah
kebutuhan yang timbul setelah
|
|
|
|
kebutuhan primer dan sekunder
|
|
|
|
terpenuhi.
|
|
4
|
Berikan contoh kebutuhan
sekarang
|
-
Contoh kebutuhan sekarang
adalah orang yang sedang sakit
|
20
|
|
dan kebutuhan yang akan
datang!
|
harus segera minum obat yang
|
|
|
|
sesuai dengan penyakitnya, jika
|
|
|
|
ditunda jiwa si sakit akan
|
|
|
|
terancam.
|
|
|
|
-
Contoh kebutuhan yang
akan dating adalah kita menabung
|
|
|
|
Untuk keperluan melanjutkan
|
|
|
|
pendidikan.
|
|
5
|
Apa perbedaan antara
kebutuhan
|
Perbedaan antara
kebutuhan individual dan kebutuhan kolektif
|
20
|
|
individual dan kebutuhan
kolektif?
|
adalah jika kebutuhan
individual
|
|
|
|
adalah kebutuhan yang
|
|
|
|
diperuntukkan bagi
perseorangan
|
|
|
|
(individu), sedangkan
kebutuhan
|
|
|
|
kolektif adalah kebutuhan
yang
|
|
|
|
dimanfaatkan untuk
kepentingan
|
|
|
|
masyarakat secara
bersama-sama.
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar