Minggu, 24 Juni 2012


Surat Pembaca
Sudah hampir 2 bulan ini air PDAM di Pontianak sering macet, terutama di perumahan di jalan A.Yani Sepakat II. Sebuah kost di Blok E1 no.8 misalnya. Kost yang dihuni 12 orang itu dalam sehari hanya bisa menampung air satu bak mandi berukuran kecil. Biasanya kalau air dari kran bak mandi tidak keluar, air dari kran lain dapat  mengalir deras. Tapi sekarang tidak, kedua-duanya tidak mengalir sama sekali. Kalau 2 bulan yang lalu  seperti hari-hari biasa air ledeng lancar, air itu setiap waktu mengalir dan puncak yang paling deras alirannya adalah waktu subuh mulai dari pukul 01.00 sampai pukul 05.00. Akhirnya sekarang air menjadi meterial yang sangat langka di kost tersebut.
Dalam sehari kadang-kadang air mengalir mulai pukul 00.00- pukul 05.00 namun aliran yang dihasilkan sangatlah minim sehingga dalam sehari penghuni kost yang merupakan para mahasiswa hanya bisa mandi pada waktu pagi hari saja sedangkan pada waktu sore menjelang magrib tidak bisa mandi menggunakan air ledeng karena kekurangan persediaan air yang dipasok oleh PDAM. Beruntung saja pada waktu sekarang masih bisa mengandalkan air hujan untuk digunakan sebagai mandi dan mencuci, tapi bagaimana jika persediaan air hujan sudah habis ?? otomatis pilihan terakhirnya adalah hanya bisa mengandalkan air sungai Sepakat II yang berwarna hitam untuk mandi.
Sungguh sangat miris sekali. Bahkan yang paling membuat geram dengan tindakan PDAM adalah tagihan air yang sangat sangat tidak sebanding dengan pelayanan yang diberikan terhadap pelanggan. Dalam keadaan air yang sering macet seperti sekarang ini, tagihan air di kost itu yang biasanya berkisar antara Rp 20.000 – Rp 25.000 per orang, kali ini meningkat tajam dengan harga tagihan Rp 40.000 per orang. Itu kan jelas-jelas merugikan pelanggan. Oleh karena itu, tolonglah kepada pihak PDAM Pontianak untuk memperhatikan kondisi pelayanan dan memperbaiki pelayanan penyaluran air ledeng ke pelanggan sebagaimana mestinya. Karena kepuasan pelanggan akan mempengaruhi tingkat kesadaran pelanggan untuk membayar tagihan. Bagaimana pelanggan mau bayar tagihan dengan tepat waktu dan menghargai pihak PDAM sedngkan pelayanan yang diberikan sangat tidak maksimal.
Akhirnya, pesan untuk PDAM Pontianak, tingkatkanlah  pelayanan air ledeng  untuk pelanggan dengan sebaik-baiknya supaya pelanggan bisa nyaman dan begitu juga sebaliknya pihak PDAM juga nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar